!DOCTYPE html> Mengenal Unsur Dan Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (Hpp) - Jasa Pembuatan Website dan Jasa SEO
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bagi anda yang memulai usaha, cara menghitung harga pokok penjualan adalah salah satu hal yang paling penting untuk anda perhatikan. Pasalnya dalam perhitungan rugi laba, harga pokok penjualan  (HPP) pun harus diperhitungkan pula. Pada perhitungan HPP yang dilakukan dengan tepat maka nilai laba yang diperhitungkan tadi akan memberikan hasilkan dengan akurat, begitu pun dengan tingkat kerugian yang dimilikinya.  Berikut ini adalah beberapa unsur pembentuk HPP, diantaranya :

Persediaan awal dari barang dagangan

Persedian awal adalah jenis barang dagang  yang umumnya tersedia di awal periode atau awal tahun buku berjalan.

Persediaan akhir dari barang dagangan atau lebih dikenal dengan sebutan end inventory

Persediaan akhir dari barang dagangan ini adalah jenis persediaan barang yang terdapat di akhir satu periode atau pun pada bagian akhir tahun dari buku berjalan.

Pembelian bersih

Pembelian bersih dikenal sebagai seluruh pembelian pada bagian barang dagangan milik perusahaan, baik itu jenis pembelian yang dilakukan secara tunai atau bahkan pembelian yang dilakukan dengan sistem kredit. Selain itu, pembelian ini pun ditambahkan pula dengan biaya lain seperti halnya biaya angkut, dan lainnya

Biaya dari bahan baku

Bahan baku adalah bagian dasar yang akan digunakan dalam pembentukan bagian dari keseluruhan produk jadi. Dengan kata lain bahan baku digunakan dalam produksi produk, dalam pembeliannya itu sendiri ada yang dilakukan dengan sistem pembelian lokal, pengelolaan pribadi atau bahkan menggunakan jenis bahan impor. Untuk perhitungannya, biaya dari bahan baku ini dimulai dari harga pokok keseluruhan bahan, hingga produk jadi.

Biaya untuk tenaga kerja secara langsung

Tenaga kerja adalah jenis aktivitas fisik dan umumnya dilakukan oleh para karyawan dalam mengolah suatu produk. Beberapa jenis biaya yang termasuk dalam bagian yang satu ini diantaranya adalah penghargaan dari bentuk upah yang kemudian diberikan pada pihak tenaga kerja dengan cara langsung. Hal ini berkaitan dengan keikutsertaan mereka dalam pembuatan produk serta hasil kerja yang juga ditunjukkannya.

Biaya overhead

Jika pada umumnya biaya dari tenaga kerja termasuk dalam bagian dari biaya langsung. Maka untuk jenis biaya lain, selain dari pada biaya tenaga kerja dan juga bahan baku, maka akan dinyatakan sebagai biaya produksi yang tidak langsung. Istilah ini umumnya digunakan untuk menyesuaikannya dengan sifat dari biaya overhead. Jenis biaya yang satu ini akan dikumpulkan dalam satu kategori tertentu yang tentunya membutuhkan proses alokasi tersendiri dengan adil, seperti halnya perhitungan pada cara Memulai usaha Travel, sehingga perhitungan harga pokok penjualan atau HPP pun dapat dilakukan

Cara menghitung HPP

Setelah mengetahui unsur-unsur yang dimilikinya, perhitungan HPP pun dapat anda lakukan dengan menggunakan rumus :

HPP (harga pokok penjualan) = persediaan dari barang awal – persediaan dari barang akhir

Namun jika perusahaan anda bergerak dalam bidang manufaktur, maka rumus yang paling tepat untuk digunakan pun adalah :

Rumus bahan baku yang telah digunakan :

Bahan baku yang telah digunakan = saldo awal dari bahan baku + pembelian dari bahan baku – saldo akhir dari bahan baku.

Rumus dari perhitungan biaya produksi :

Total untuk biaya produksi = bahan baku yang telah digunakan + biaya dari tenaga kerja secara langsung + biaya overhead dari tingkat produksi

Rumus untuk menghitung harga pokok kegiatan produksi :

Harga pokok kegiatan produksi = Total untuk biaya produksi + saldo awal dari persediaan barang yang digunakan selama proses produksi – saldo akhir dari persediaan selama proses produksi

Terakhir adalah perhitungan HPP :

HPP = Harga kegiatan pokok produksi + persediaan dari barang awal – persediaan dari barang akhir

Demikianlah beberapa rumus yang bisa anda gunakan dalam cara menghitung harga pokok penjualan dengan lebih tepat dan mudah.

 

4. Cara Memulai usaha Travel

Ikuti Cara Memulai Usaha Travel Dengan Mudah Dan Tepat Untuk Kesuksesan Anda

Salah satu Cara Memulai usaha Travel  dengan mudah adalah mencintai dunia traveling itu sendiri, pasalnya ketika anda menjadikan hal yang anda sukai sebagai bentuk pekerjaan maka pekerjaan pun akan jauh lebih menyenangkan. Bahkan jenis usaha ini seringkali dikatakan sebagai usaha yang memiliki peluang besar untuk meraih kesuksesan di masa depan. Karena itulah jika anda menyukai dunia traveling, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan hal tersebut sebagai usaha anda. Namun, selain hal tersebut ada pula beberapa hal lainnya yang harus anda perhatikan dalam membuka usaha yang satu ini, utamanya jika anda memulainya dengan sistem online. Ingin tau apa saja? Simaklah penjelasannya di bagian bawah ini :

Hardware serta software

Seperti yang telah disebutikan pada bagian di atas tadi, jika usaha tersebut anda lakukan dengan sistem online, maka persiapan pertama yang harus anda lakukan pun adalah penggunaan hardware serta software yang dimilikinya, Hardware adalah perlengkapan dari fasilitas komputer serta  koneksi internet dan juga beberapa bentuk pendukung lainnya. Sedangkan software lebih ditekankan pada operating sistem yang dimilikinya, seperti halnya sistem yang anda gunakan untuk layanan pemesanan tiket travel secara online, Untuk bagian software yang satu ini umumnya dikaitkan dengan penggunaan program dari billing transaksi serta penggunaan website dengan bagian shop chart.

Brand yang lebih menarik

Setiap bisnis yang dilakukan pada bidang apapun itu tentunya membutuhkan brand atau merek yang dapat menarik minat para konsumen. Tidak hanya itu saja brand juga berfungsi dengan sangat baik sebagai Cara meningkatkan omset penjualan, karena jika anda memiliki brand dengan nama yang menarik dan mudah diingat, maka konsumen pun dapat menemukannya dengan jauh lebih mudah . karena itulah sebaiknya anda pilih dengan sangat hati-hati mengenai brand atau merek yang hendak anda gunakan pada jenis usaha traveling tersebut. Semakin mudah untuk diingat brand yang anda miliki, maka semakin banyak pula kesempatan anda untuk mendapatkan jumlah konsumen yang jauh lebih besar. Itulah sebabnya pemilihan brand menjadi salah satu cara paling tepat yang bisa anda lakukan sebelum memulai usaha travel tersebut.

Sistem penawaran yang lebih menggiurkan

Harga seringkali dijadikan sebagai acuan utama oleh para konsumen dalam memilih suatu produk entah itu produk barang atua bahkan layanan jasa. Karena itulah persaingan dalam hal penawaran harga pun mulai banyak dilakukan. Bagi anda yang memulai usaha traveling dengan sistem online, maka penawaran pun harus dilakukan dengan lebih menggiurkan, Namun pastikan pula penawaran tersebut anda keluarkan dengan sistem perhitungan yang tepat, sehingga tidak merugikan usaha anda. seperti halnya penawaran dengan memberikan harga promo  yang dilakukan pada acara-acara tertentu, atau dapat pula promo yang dilakukan dengan ketentuan serta persyaratan khusus lainnya.

Memperluas jaringan serta relasi

Bukan usaha namanya jika hal ini tidak `disertai dengan perluasan jaringan atau pun relasi, karena dalam usaha tentunya anda selaku pengusaha pun tidak akan berdiam diri saja bukan? Karena pada dasarnya setiap usah atau pun bisnis akan mengalami perkembangan apabila anda sendiri membuka peluang dengan cara menambah relasi atau pun jaringan dengan lebih luas. Dengan cara yang satu ini, selain dukungan anda pun dapat memulai kerja sama yang tentu saja, dapat meringankan beban usaha serta membantu bisnis travel yang anda lakukan berkembang dengan jauh lebih pesat dari sebelumnya. Pasalnya kehadiran relasi serta jaringan ini menjadi keuntungan tersendiri bagi anda dan perusahaan  serta pihak lain yang juga turut bekerja sama di dalamnya.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari beberapa Cara Memulai usaha Travel yang bisa anda lakukan dengan mudah dari saat ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.